Wednesday, June 1, 2011

balado a la kadarnya


atas nama rasa malas belanja, tadi pagi saya masak dengan bahan seadanya, yang tersisa di kulkas. hahaha.. jadi maap ya, pemirsa, kalo resep kali ini jauh dari kata sempurna. kalo saya ikutan masterchef, udah disuruh copot apron dari awal kali. hahaha. untung saya di rumah masak kagak pake apron-apronan. :p

walaupun ala kadarnya, rasanya alhamdulillah..masih layak lah dikonsumsi manusia. :))

bahan:
  • telur ayam (direbus terlebih dahulu)
  • tahu kuning (mungkin bisa diganti tahu lainnya, tapi favorit saya tahu kuning Bandung)
  • minyak goreng
  • air putih (kurleb 1/2 gelas belimbing)

bumbu:
  • cabai (dihaluskan. saya pakai "Cabai Giling Murni Padang" botolan, karena malas ulek-ulek, hehehe..)
  • tomat (1/2 butir) - namun karena tomat saya habis, saos tomat botolan pun tak ada, maka saya menggunakaaannn..jeng jeng jeng.. 1/2 sendok makan bolognese sauce! kreatif bukan? ;)
  • bawang merah (3 siung, diiris tipis)
  • gula merah (diiris. kurleb 1 sendok teh)
  • garam & lada putih (kurleb 1/2 sendok teh)
  • kaldu penyedap (bila perlu)

cara membuat:
  1. tahu dan telur rebus digoreng terlebih dahulu. gunanya agar tahunya matang, dan telur rebusnya ada kulit garing-garingnya gitu. kalau telurnya nggak digoreng dulu, tidak ada lapisan kulit garing, dan bumbu baladonya tidak meresap ke telur.
  2. panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah sampai sedikit kecoklatan.
  3. masukkan tomat (atau bolognese sauce, hehe) dan cabai yang telah dihaluskan. aduk.
  4. masukkan gula merah, garam, dan merica. aduk.
  5. masukkan tahu dan telur yang sudah digoreng tadi. aduk.
  6. tuang 1/2 gelas air putih. aduk, dan tunggu sampai matang dan bumbu meresap.
  7. sajikan deh.. ;)

this is it! Tahu Telur Balado a la chef farahquinn Kadarnya :p

nyam! :9

No comments:

Post a Comment