Friday, June 3, 2011

spaghetti tuna asam pedas


long weekend nih! biasanya males masak, karena belum belanja. belanjanya ntar aja hari minggu, hahaha..
mari bongkar-bongkar laci.. buka-tutup kulkas..

AHA! masih ada spaghetti (instan. ya maap, saya belum sanggup bikin pasta sendiri, hehe..), masih ada bolognese sauce (lagi-lagi instan, jangan protes ya!), dan masih ada tuna kalengan (oke..oke..terdengar kurang sehat ya? maapkan saya si koki gadungan ini. jika anda mau bisa kok pakai ikan tuna segar yang kemudian dimasak dulu, tentunya.. *nyengir kuda*).

mari kita masaaaakk! ;)

bahan:
  • spaghetti instan (1 box)
  • bolognese sauce instan (paling hanya terpakai 1/3 kemasan, tergantung selera..hehe..)
  • tuna kalengan (yang saya beli ini sudah matang, dan saya pilih yang rasa pedas..)
  • tomat (1 butir, ukuran sedang) - di potong dadu kecil-kecil.
  • cabai (saya pakai cabai giling murni padang botolan.. malas giling sendiri, hehe..)
  • minyak goreng dan air matang.

bumbu:
  • garem, merica (dikiiiiitt aja..)
  • bawang bombay (jika punya, haha.. kebetulan saya lagi nggak punya :p)
  • bawang merah (2 siung saja, diiris tipis)

cara membuat:
  1. rebus dulu spaghettinya, seperti merebus mie instan, hehee.. jika sudah tidak keras, tiriskan deh. cara ngetesnya? ya gigit aja.. :))
  2. panaskan minyak di wajan.
  3. tumis bawang merah dan bawang bombay (jika ada, hahaha)
  4. masukkan garam dan merica, aduk.
  5. masukkan tuna, tumis-tumis..
  6. masukkan bolognese sauce-nya (banyaknya seberapa kira-kira aja ya..disesuaikan sama jumlah porsinya)
  7. masukkan cabai dan tomat, aduk rata.
  8. lalu masukkan air matang (dikira-kira, 1/2 sampai 1 gelas belimbing, jangan terlalu encer juga..)
  9. aduk semuanya, lalu tunggu sebentar sampai mendidih.
  10. lalu masukkan spaghetti yang sudah matang tadi, aduk-aduk. jadi deh! ;)

rasanya? enaaaakkkk!

nyam! :9

No comments:

Post a Comment