Sunday, June 5, 2011

sushi roll KW 2


saya sukaaaa sekali makan sushi, tapi belum pernah nyoba sushi selain di Sushi T*i. hehe.. nah, karena saat ini kartu kredit sedang "dipuasakan"..dan berhubung kemarin sempat ke supermarket dan "gak sengaja" mengambil seaweed snack..jadi lah saya kreatif iseng bikin sushi sendiri. soal rasa? jelaaaaass..sama enaknya jauh lebih enak sushi-nya Sushi T*i. *ROTFL*

tapi, lumayan lho.. bisa deh dicoba sama para ibu muda, yang anaknya lagi bosen makan nasi. hihihi.. ;)

soalnya..sushi roll kw 2 begini kan bisa diisi macem-macem. dan bisa dihias jadi lucu. maafkan, saya kemarin kurang kreatip..soalnya saya belum punya anak. yang makan juga cuman saya sendiri. jadi, dihias saus sambel botolan saja sudah menggoda napsu makan. *murahan* :))

kalau anda di rumah punya / niat bikin mayonaise, bisa juga tuh ditambahkan sebagai topping. pasti makin ciamik! ;)

mau mencoba membuatnya di rumah?
ini saya kasih contekannya.. :p

bahan:
  • nasi (harusnya kan nasi campur ketan gitu ya..tapi berhubung kw 2, jadi nasi biasa saja. haha..)
  • seaweed snack (ya! saya pakai seaweed snack yang dikemas macam camilan anak-anak itu lho.. tapi kalau anda menemukan rumput laut beneran - saya juga belum pernah lihat sih - ya mungkin lebih baik..)
  • ikan tuna kalengan (ngabisin stok di kulkas, hehe..)
  • telur dadar (jika suka)
  • sosis goreng (jika rajin, hehehe..saya gak serajin itu kemarin.. :p)
  • ikan salmon (jika punya - saya sih nggak punya.. :p)
  • sedikit mentimun, diiris memanjang macam korek api (kalau ada - di kulkas saya sih nggak ada..hahaha)
  • minyak goreng - untuk membuat telur dadar dan memanaskan tuna.
  • air matang - untuk membasahi rumput laut/seaweed-nya. seaweed-nya dibasahi secukupnya supaya gak patah saat digulung menyelimuti nasi. ;)

bumbu:
apa ya? ga perlu lah kayaknya.. :))

cara membuat:
  1. siapkan talenan atau alas untuk "permainan" gulung-menggulung kita. ;)
  2. siapkan 1 lembar seaweed snack. basahi dengan air matang. caranya: dioles-oles pakai tangan saja, sampai seaweed-nya sedikit layu dan lentur saat ditekuk.
  3. taruh nasi secukupnya di ujung lembaran seaweed tadi.
  4. lalu taruh tuna, telur dadar, sosis, salmon (jika ada), mentimun (jika ada, dan jika suka) di atas nasi tadi. tentunya semua "materi" dalam keadaan matang ya!
  5. laluuu..mari kita guluuuung! hati-hati ya..jangan sampai nasinya hancur. kalau hancur, telan saja langsung. hahaha..
  6. setelah digulung, ditata deh di atas piring.
  7. bisa dipercantik dengan saus mayonaise di atasnya, bisa dibubuhi abon (jika suka), dan macam-macam bahan lainnya. pokoknya... silakan berkreasi ya, buibu! :)
next time, saya mau coba sushi roll-nya diisi nasi goreng. sepertinya lebih nikmat.. :p

nyam! :9

No comments:

Post a Comment