Tuesday, September 27, 2011

sambel goreng kangen

KANGEN! kangen banget nulis resep bodoh di sini. udah lama banget ya.. saking lamanya sampe lupa log in pakai email & password yang mana. HAHAHA.
*ketawa bodoh*

aniway..
kemarin saya bikin sambel goreng kentang. and this was my very first sambel goreng.
maafkan kebodohan saya ya. :D

jadi, ceritanya, tiba-tiba saya kangen banget sama sambel goreng kentang buatan mama. biasa banget ya sebenernya sambel goreng gini..di warteg juga ada. tapi, selayaknya kesukaan saya sama perkedel jagung, kesukaan saya sama sambel goreng pun gak bisa asal. maksudnya, saya gak doyan tuh sama yang dijual-jual. saya cuma doyan sama perkedel jagung & sambel goreng buatan mama. entahlah apa yang bikin beda..

singkat kata. saya (nekad) ke farmers market dekat tempat tinggal saya. beli kentang. lalu nemu ini:

source: kokita

HAHAHAHA. dasar saya malas ngulek bumbu ya...jadi saya beli aja deh kokita bumbu inti A ini. 1 sachet harganya Rp. 4400. mahal ya? di pasar tradisional sepertinya bisa lebih murah..

tapi, atas nama kangen dan malas sama sambel goreng kentang, berapapun kubayar. :))

bahan:
  • 3 buah kentang ukuran sedang (sekitar 450 gram)
  • 1 sachet kokita bumbu inti A
  • minyak goreng
bumbu:
garam (kira-kira 1/2 sdt ya..)

cara membuat:
  1. kupas kentang, cuci bersih, potong dadu.
  2. goreng kentangnya sampai agak keriput. sisihkan.
  3. panaskan 2 sdm minyak goreng.
  4. tumis bumbu sampai agak harum.
  5. masukkan kentang.
  6. masukkan garam. aduk rata. diamkan sebentar sampai bumbu meresap.
  7. angkat dan sajikan deh!

surprisingly.. rasanya ENAK! seenak buatan mama. HAHAHAHA.
walaupun saya yakin, mama bikinnya pakai bumbu aneh-aneh dan agak ribet. mungkin efek kangen, jadi semua yang dibuat sendiri rasanya enak. :p



selamat mencoba ya!

nyam! :9

No comments:

Post a Comment